terkini

Jaga Kesehatan WBP, Petugas Lapas Tondano Lakukan Pemeriksaan Rutin

Kamis, 15 Juni 2023, Juni 15, 2023 WIB Last Updated 2023-06-15T10:17:16Z



RadiusNews, Minahasa- Setelah diresmikan Klinik Pratama di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tondano pada April tahun 2023. Maka petugas kesehatan di klinik tersebut, melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga binaannya, untuk memastikan semuanya dalam kondisi sehat dan tidak terjangkit penyakit.


Hal ini, dibenarkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Tondano Yulius Paath, SIP, DEA, Kamis (15/6/2023) tadi. Dikatakannya, pemeriksaan kesehatan ini merupakan kegiatan rutin dilakukan dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan setiap warga binaan selama menjalani masa pidana. 


"Warga binaan yang memiliki keluhan atau masalah kesehatan akan mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan di klinik. Perlu diketahui juga, bahwa Klinik Pratama kami dibuka setiap hari kerja, bahkan untuk situasi tertentu jika ada warga binaan yang membutuhkan penanganan cepat, petugas kesehatan siap 24 jam," kata Kalapas.


Lanjut disampaikan Yulius, bahwa Klinik Lapas Tondano memiliki tenaga kesehatan, dua orang dokter dan dua perawat. Setiap harinya petugas Lapas melakukan pemeriksaan bagi warga binaannya, sesuai keluhan yang disampaikan atau sekedar memeriksa kesehatannya.


"Jika ada warga binaan yang memerlukan penanganan lebih lanjut, kami akan merujuk pasien ke RSUD terdekat guna mendapatkan penanganan lebih lanjut," bebernya.


Selain itu, ditambahkan Yulius, pihaknya juga telah melakukan penyuluhan kesehatan kepada warga binaan, agar memiliki pemahaman dalam menjaga kesehatan.


"Kita selalu menghimbau warga binaan untuk tetap menjaga kebersihan badan, lingkungan dan kamar hunian. Juga menjaga pola makan dan pola tidur mereka, serta mangikuti kegiatan olahraga,” tutupnya.  

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jaga Kesehatan WBP, Petugas Lapas Tondano Lakukan Pemeriksaan Rutin

Terkini