terkini

Berikut Tanggapan Koordinator R3D Command Center Terkait Peluncuran Aplikasi Lapor SP4N

Selasa, 04 Juli 2023, Juli 04, 2023 WIB Last Updated 2023-07-04T23:46:14Z


RadiusNews, Minahasa- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa di akhir Juli 2023 akan meluncurkan aplikasi Lapor SP4N sebagai sarana pengaduan atau masukan dari masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa.


Menanggapi hal tersebut, Koordinator R3D Command Center Lodewyk W. H. Wenas SH, yang juga Staf Khusus Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Bidang Hukum, Selasa (4/7/2023) menyampaikan "Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, IPU, ASEAN Eng, dan Wakil Bupati Minahasa Dr. Robby Dondokambey, S.Si, MM. MAP diawal periode kepemimpinannya membentuk RRRD Command Center dengan tujuan untuk menampung keluhan masyarakat melalui Akun Facebook “R3D Call Center Minahasa” yang kemudian diganti dengan Akun FB “Kase Tau R3D Minahasa”.


"Saat ini Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa berencana meluncurkan Aplikasi Lapor “SP4N” untuk menampung keluhan masyarakat kabupaten Minahasa, Baik Lapor SP4N maupun "Kase Tau R3D" Minahasa kedua-duanya adalah sarana untuk menampung keluhan masyarakat di Kabupaten Minahasa.

 
Perbedaannya adalah untuk menggunakan “Aplikasi Lapor SP4N” maka masyarakat harus mendownload Aplikasi Lapor SP4N di Hp masing-masing dan baru bisa digunakan. Sedangkan program yang sudah ada yaitu Kase Tau R3D, bagi masyarakat Minahasa yang sudah memiliki aplikasi Medsos Facebook, bisa langsung bergabung untuk menyampaikan keluhan, tidak perlu menginstal aplikasi lain lagi.


Pada dasarnya tujuan akhir dari aplikasi Lapor SP4N dan Kase Tau R3D Minahasa adalah sarana untuk menampung keluhan masyarakat dan mendorong penyelesaiannya.


"Saya pikir Dinas Kominfo sedang mempersiapkan aplikasi yang akan dimaksimalkan penggunaannya setelah masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa yang akan berakhir pada tanggal 25 September 2023 untuk menggantikan Sarana penyampaian keluhan masyarakat yang sudah ada yaitu “Kase Tau R3D Minahasa’ yang dipantau langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati" Jelas Wenas.


Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Maya Kainde SH, MAP, melalui Kabid IKP Recky Taniowas, mengatakan aplikasi Lapor SP4N merupakan layanan website untuk menampung aspirasi pengaduan masyarakat secara online dan dikelola oleh Diskominfo Kabupaten Minahasa dengan teknis admin website tersebut dibagi dari bidang IKP dan R3D Command Center sebab R3D Command Center adalah bagian dari Diskominfo sendiri dan akan aktif akhir bulan Juli 2023 namun aplikasi Lapor SP4N harus menunggu SK dari pimpinan yaitu Bupati Minahasa untuk memulai pengoprasiannya" Jelas Taniowas.




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Berikut Tanggapan Koordinator R3D Command Center Terkait Peluncuran Aplikasi Lapor SP4N

Terkini