terkini

Pemkab Minahasa dan Forkopimda Fasilitasi Rekonsiliasi Antara Desa Totolan dan Tolok Sepakat Berdamai

Senin, 10 Juli 2023, Juli 10, 2023 WIB Last Updated 2023-07-11T01:29:03Z



RadiusNews, Minahasa- Pemerintah Kabupaten Minahasa (Pemkab) Minahasa bersama jajaran Forkopimda menggelar rekonsiliasi pasca konflik antara Desa Tolok Kecamatan Tompaso dan Desa Totolan Kecamatan Kakas Barat, bertempat di Gedung Tansatrisna Polres Minahasa, Senin (10/7/2023).


Kedua perwakilan desa tersebut sepakat untuk berdamai dengan mengucapakan ikrar perdamaian dan menandatangani surat kesepakatan perdamaian.




Dalam kesempatan tersebut, Bupati Minahasa Royke Octavian Roring menyebutkan bahwa sejumlah hal yang disepakati melalui rekonsiliasi haruslah benar-benar menjadi pegangan untuk tetap menjaga kondisi keamanan dan ketertiban.


“Ketegasan dari pemerintah masing-masing desa juga diperlukan, apabila ada indikasi tidak baik yang akan muncul. Hukum tua dan BPD juga berupaya agar nantinya tidak ada lagi korban,” kata Bupati Roring.


Buoati Minahasa juga menegaskan penegakan hukum tetap diutamakan dan bagi yang melanggar akan ditindak tegas.


“Peran dari kepolisian dan TNI selama kejadian sampai sekarang tetap konsisten dalam melakukan pengamanan. Dan keoada tokoh masyarakat di kedua desa wajib menyosialisakan kepada seluruh masyarakat untuk menaati perjanjian perdamaian,” tegas Roring.


Sementara itu, Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana mengungkapkan bahwa dirinya berharap hal ini tidak terjadi lagi. Dia juga menegaskan jika ada pihak-pihak yang melakukan provokasi maka akan langsung ditindak tegas.


“Tetap ada pengamanan di lokasi, TNI dan Polri tetap standby. Nanti akan kita sampaikan perkembangannnya seperti apa, sekarang situasi masih terkendali,” pungkas Suryana.


Hadir dalam pertemuan tersebut, Dandim 1302/Minahasa Letjol Inf. Mutakbir, Inspektur Provinsi Sulut Drs Mecky Onibala (Tokoh masyarakat Tolok), Mewakili Kejaksaan Negeri Minahasa Kasi Pidum Debby Kenap, SH,  Perwakilan BIN Koordinator Wilayah Minahasa Sdr Andri, Assisten 1 bidang Kepemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Drs Reviva Maringka M.Si, Wakapolres Minahasa Kompol Yindar. T Sapangallo S.Sos, Kasdim 1302/Minahasa Mayor Inf Vino Onibala, S.Pt, Kaban Kesbangpol Minahasa Ir. Janni Moniung, Kasat Pol PP Minahasa Alex Mamesah SSTP, M.Si, PJU Polres Minahasa.

Camat Tompaso Stenly D. Umboh, SSTP, MAP.,Camat Kakas Barat Jeane Sumendap, SP.,Kapolsek Kakas IPTU Tasman Mandak, Kapolsek Tompaso IPTU Maetua B. Sitanggang, Hukum Tua Desa Tolok Syane Mandang, Hukum Tua Desa Tolok Satu Meldy Onibala, Hukum Tua Desa Totolan Herbi Tairas serta Perwakilan masyarakat Toga, Toda, dan Tomas Desa Totolan, Tolok dan Tolok Satu.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Minahasa dan Forkopimda Fasilitasi Rekonsiliasi Antara Desa Totolan dan Tolok Sepakat Berdamai

Terkini