terkini

Polres Minahasa Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Samrat 2023

Senin, 10 Juli 2023, Juli 10, 2023 WIB Last Updated 2023-07-10T11:45:57Z



RadiusNews, Minahasa- Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana SIK, SH, MM, memimpin apel gelar pasukan kepolisian kewilayahan Patuh Samrat 2023 dengan tema ‘Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa’, bertempat di lapangan Tantya Sudhirajati, Mapolres Minahasa, Senin (10/7/2023).




Kapolres Minahasa menyampaikan momen apel gelar pasukan operasi Patuh Samrat ini bersamaan dengan penyelenggaraan agenda nasional yaitu Pemilu 2024, di mana pada saat ini sudah dalam tahap keenam yaitu pencalonan DPD dan DPR maupun DPRD.


“Operasi kepolisian bersama dengan TNI pemerintah daerah, mitra kamtibmas dan stakeholders merupakan salah satu bentuk upaya kita untuk menggapai kesuksesan pesta demokrasi Pemilu 2024,” kata Kapolres.


AKBP Ketut Suryana juga menjelaskan situasi terkait kamseltibcar lantas, angka kecelakaan lalu lintas selama 3 bulan terakhir mengalami kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 87,25%.


“Dari sejumlah 226 kecelakaan pada bulan Maret menjadi 231 kecelakaan pada bulan april dan 259 ke kecelakaan pada bulan Mei. Untuk korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas juga mengalami kenaikan 70%,” jelasnya.


Selain itu, dalam rangka memelihara kondusifitas kamtibmas menjelang tahap ini pesta demokrasi Pemilu tahun 2024 Polri beserta seluruh jajaran, didukung kekuatan TNI, instansi terkait serta komponen masyarakat lainnya, menggelar operasi patuh samrat 2023 selama 14 Hari, mulai tanggal 10 sampai dengan 23 Juli 2023, yang difokuskan pada bidang lalu lintas, dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum secara proporsional.


Dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, ada beberapa penekanan yang perlu untuk dipedomani dan dilaksanakan:


Lakukan pagelaran kekuatan secara tepat pada setiap titik rawan macet, rawan kecelakaan lalu lintas serta kriminalitas, melalui koordinasi dan kerjasama yang efektif dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat;*_

Tingkatkan kewaspadaan diri dan kesatuan terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror, yang memanfaatkan momen operasi maupun aktivitas masyarakat lainnya;

Optimalkan penggunaan peralatan dan sarana prasarana yang dimiliki, dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan operasi;

Lakukan terobosan kreatif yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, untuk mewujudkan Kamtibmas dan kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan kondusif selama pelaksanaan operasi;*_

Lakukan tindakan tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas maupun kamseltibcar lantas selama pelaksanaan operasi.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan operasi Patuh Samrat 2023 ini di antaranya; Dandim 1302 Minahasa

Letkol Inf Mutakbir, Asisten I Setda Minahasa Riviva Maringka, Kadis Kesehatan Minahasa dr Olviane Ratu, Sekretaris Dinas Damkar Minahasa John Pantow, Kabid Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Sat POL-PP Minahasa Marciano Kewas, PJU Polres Minahasa, Pimpinan Ormas Laskar Manguni Minahasa (LMI) Tonaas Noldy Lila.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polres Minahasa Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Samrat 2023

Terkini