terkini

Dibuka Camat Tondano Selatan, Pemerintah Kelurahan Peleloan Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah dan Sampah Rumah Tangga

Selasa, 11 Juni 2024, Juni 11, 2024 WIB Last Updated 2024-06-12T02:41:05Z



RadiusNews, Minahasa- Pemerintah Kelurahan Peleloan melaksanakan Sosialisasi pengelolaan sampah dan pengelolaan sampah rumah tangga tahun 2024 oleh Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Minahasa, Rabu (12/6/24) bertempat Kantor Kelurahan Peleloan.




Materi disampaikan oleh Kadis Lingkungan Hidup  Kabupaten Minahasa yang diwakili Kabid penanganan sampah, B3 dan peningkatan kapasitas resiko Fonnie M Kainde SP.




Kegiatan diawali dengan doa dan Laporan yang disampaikan Lurah Kelurahan Peleloan Kecamatan Tondano Selatan Grace Sumampouw SE.


Camat Tondano Selatan Drs. Joris Tumilantouw membuka secara resmi kegiatan tersebut, juga dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan dalam kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga.


Selain itu, dalam materinya Camat mengatakan untuk tidak membuang sampah sembarangan sekaligus memperhatikan hal yang berkaitan dengan Enceng gondok di area sekitar wilayah pemerintah Kelurahan Peleloan di Danau Tondano.


Terpantau media, Camat Tondano Selatan didampingi Sekcam Margaretha L Pelealu STTP MAP, Kasi Pemerintahan Mauna J. Rengkuan, Lurah Peleloan Grace Sumampouw SE.


Kadis Lingkungan Hidup Vicky Kaloh yang diwakili Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Fonnie Kainde SP dalam materinya menyampaikan Kegiatan hari ini terkait pengelolaan sampah akan tetapi lebih spesifik ke pengelolaan sampah rumah tangga.


Sampah rumah tangga bisa dikelola sebagian mestinya sehingga sampah organik tidak lagi ke TPA tapi bisa menjadi pupuk kompus atau metode bioporik untuk mengurangi sampah dan menjadi pupuk untuk tanaman sehingga sampah sampah yang masuk ke TPA bisa berkurang.


Menjadi himbauan ke Masyarakat agar kita menjaga bagaimana memanfaatkan kembali sampah sehingga volume sampah bisa berkurang dan dapat didaur ulang" tandas Kainde.


Hadir dalam kegiatan ini Perangkat Kelurahan serta Para Tokoh Masyarakat Kelurahan Peleloan.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dibuka Camat Tondano Selatan, Pemerintah Kelurahan Peleloan Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah dan Sampah Rumah Tangga

Terkini