terkini

Pemerintah Kelurahan Tataaran II Gelar Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Jumat, 14 Juni 2024, Juni 14, 2024 WIB Last Updated 2024-06-15T00:54:53Z



RadiusNews, Minahasa- Dokumen Kependudukan merupakan syarat administrasi dalam kehidupan bagi masyarakat di Indonesia terlebih khusus di kabupaten Minahasa sehingga Pemerintah Kelurahan Tataaran II Kecamatan Tondano Selatan yang dipimpin Lurah Verra Panungkelan S,Sos, menggelar sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun 2024 yang dilaksanakan di Aula lantai 3 gedung Kelurahan Tataaran II, Jumat (14/6/24).





Kegiatan diawali dengan doa dan dibuka secara resmi oleh Camat Tondano Selatan Drs. Joris Tumilantouw dengan mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada jajaran perangkat kelurahan Tataaran II untuk mengikuti serta memahami hal tentang Dokumen Kependudukan.



Hadir sebagai pemateri yaitu Kapala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Meidy Rengkuan SH, MAP, yang dalam materinya menyampaikan "Hari ini saya memberikan materi yaitu mengenai kebijakan administrasi kependudukan di kabupaten Minahasa yang dihadiri para peserta yaitu perangkat kelurahan Tataaran II Kecamatan Tondano Selatan dan mereka akan memahami bagaimana pentingnya dokumen kependudukan ini dan bagaimana teknis untuk proses penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.


Aparat kelurahan sering dimintakan keterangan oleh masyarakat dan ini harus diketahui oleh aparat atau perangkat kelurahan sebab mereka merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah kabupaten Minahasa dalam hal ini Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil.


Dokumen pendudukan sangat penting dan ini dinamis dan harus ada inisiatif dari masyarakat misalkan KTP, meskipun wajib KTP tapi tidak merekam KTP berarti tidak memiliki KTP, tapi ketika bersangkutan merekam KTP maka kewajiban kita yaitu menerbitkan KTP kepada yang bersangkutan dan disampaikan juga kepada perangkat semua proses dan penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil gratis atau tidak dipungut biaya.


Turut hadir, Sekcam Margaretha Lidya Pelealu SSTP MAP, Lurah Tataaran II Verra Panungkelan S,Sos, Sekretaris Lurah Tataaran II  Stenly Kowaas S,Sos, Kasie Pemerintahan Mauna J Rengkuan, serta perangkat Kelurahan dan Tokoh Masyarakat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemerintah Kelurahan Tataaran II Gelar Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Terkini