terkini

Upaya Penanganan Sampah Rumah Tangga, Pemerintah Kelurahan Maesa Unima Gelar Sosialisasi

Kamis, 13 Juni 2024, Juni 13, 2024 WIB Last Updated 2024-06-13T11:39:14Z



RadiusNews, Minahasa- Sebagai bentuk kepedulian akan pengolahan sampah, Pemerintah Kelurahan Maesa Unima Kecamatan Tondano Selatan menggelar Sosialisasi pengelolaan sampah dan pengelolaan sampah rumah tangga, yang diselenggarakan di Aula Kantor Kelurahan pada Kamis (13/6/24).





Adapun materi pada sosialisasi tersebut disampaikan oleh Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Vicky Kaloh yang diwakili Kabid penanganan sampah, B3 dan peningkatan kapasitas resiko Fonnie M Kainde SP.





Kegiatan diawali dengan doa dan Laporan yang disampaikan Lurah Kelurahan Maesa Unima Micky Kaloh SE.


Lurah menyampaikan bahwa penduduk di kelurahan unima begitu banyak sehingga perlu disosialisasikan terkait penanggulangan sampah. Kami selaku pemerintah kelurahan sudah bekerja keras lewat perangkat lingkungan 1 sampai 4, dan perlu diketahui domisili masyarakat begitu banyak dan perangkat setiap lingkungan hanya 3 orang.


Oleh karena itu saya berharap DLH Kabupaten Minahasa dapat memberikan arahan tentang pengelolaan sampah agar terhindar dari masalah kesehatan juga longsor ataupun banjir.


Atas nama pemerintah kelurahan Maesa Unima mengucapkan selamat datang kepada para narasumber yang hadir pada hari ini untuk memberikan materi, dan Kami juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Dinas Perkim provinsi Sulawesi Utara serta Dinas PUPR Kabupaten Minahasa yang sudah membantu infrastruktur jalan aspal hotmix  juga pembangunan jalan paving block di kelurahan Maesa Unima" Ucap Lurah.


Sementara Camat Tondano Selatan Drs. Joris Tumilantouw dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan dalam kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga.


"Secara umum, masalah sampah adalah masalah dunia namun kita harus mengelola dan menangani hal ini karena sampah tidak bisa dihindari dan harus disiasati bagaimana penanganannya.


Di kelurahan unima ada beberapa titik yang menjadi perhatian, dan hal ini sudah ada upaya, Untuk itu kami memohon dukungan masyarakat akan kesadaran mulai menbuang sampah dan itu dimulai  dari diri sendiri dan orang lain.


"Tidak ada kata terlambat untuk menangani persoalan sampah, dan saya berharap jajaran pemerintah kelurahan Maesa Unima tetap semangat untuk menangani sampah umum dan sampah rumah tangga sehingga kiranya kita dapat  mengaplikasikan dalam kehidupan kita sehari hari" Kata Camat.


Camat Tondano Selatan turut didampingi Sekcam Margaretha L Pelealu STTP MAP, Kasi Pemerintahan Mauna J. Rengkuan.


Kadis Lingkungan Hidup Drs. Vicky Kaloh yang diwakili Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Fonnie Kainde SP dalam materinya menyampaikan bahwa Peraturan Pemerintah telah menetapkan undang undang nomor 81 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah dan Peraturan Bupati Minahasa nomor 11 tahun 2022 tentang rencana kebijakan daerah dalam pengelolaan sampah.


 "Perlu diketahui bersama bahwa sampah rumah tangga bisa dikelola sebagian mestinya sehingga sampah organik tidak lagi ke TPA tapi bisa menjadi pupuk kompus atau metode bioporik untuk mengurangi sampah dan menjadi pupuk untuk tanaman sehingga sampah sampah yang masuk ke TPA bisa berkurang.


Menjadi himbauan ke Masyarakat agar kita menjaga bagaimana memanfaatkan kembali sampah sehingga sampah bisa berkurang dan dapat didaur ulang dan dapat dimanfaatkan" jelas Kainde.


Hadir dalam kegiatan ini Perangkat Kelurahan, Bhabinkamtibmas Polsek Tondano serta Para Tokoh Masyarakat Kelurahan Maesa Unima Kecamatan Tondano Selatan.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Upaya Penanganan Sampah Rumah Tangga, Pemerintah Kelurahan Maesa Unima Gelar Sosialisasi

Terkini