terkini

Diikuti Puluhan Peserta, Kadis Kominfo Maya Kainde Paparkan Konsep "Si Matuari"

Kamis, 18 Juli 2024, Juli 18, 2024 WIB Last Updated 2024-07-18T23:48:09Z



RadiusNews, Minahasa- Setelah melalui beberapa tahapan dalam pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Minahasa Maya Kainde, SH, MAP melaksanakan Implementasi ,terkait Sosialisasi Proyek Perubahan “Si Matuari” yakni Membangun SPBE Melalui Strategi dan Integrasi, Masyarakat Terlayani, Administrasi Unggul, Responsif dan Inovatif.


Kegiatan Berlangsung diruang Kantor Diskominfo Minahasa yang diikuti perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta Pejabat dan Aparatur Sipil Negeri (ASN) Dinas terkait Layanan Data dan Informasi yang mendukung SPBE di kabupaten Minahasa,Kamis (18/7/24).


Dimana Sebelumnya, Rancangan Proyek Perubahan si Matuari ini sudah di seminarkan dihadapan team penguji dan di kawal oleh Mentor dan coach dan kemudian masuk pada tahapan visitasi kepemimpinan Nasional ( VKN ) dan saat ini sudah masuk pada tahapan sosialisasi proyek perubahan si Matuari.


Pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VII Tahun 2024 yang sudah dilaksanakan sejak bulan April 2024 sampai Bulan September 2024.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr Lynda Watania, MM MSi menjadi mentor bagi Kepala Dinas Kominfo Minahasa dan beberapa Pejabat Eselon II.


Kegiatan Sosialisasi Implementasi Proyek ‘Si Matuari’ dipimpin Kepala Dinas Kominfo Minahasa Maya Marina Kainde SH.MAP didampingi Sekertaris Dinas Aneke Rantung.SE, Kepala Bidang (Kabid) TIK, Sepdy A.Tumengkol ST.


Serta Kepala Bidang Persandian Drs.Vandy V Maswonggo M.Si, dan Kabid IKP , Ricky Taniowas SE, serta Kabid Layanam E-Goverment Donny T.E. Elean S.Kom, MM.


Menurut Kainde, penerapan konsep “SI MATUARI” (Strategi dan integrasi Masyarakat Terlayani, Administrasi Unggul, Responsif, Inovatif) dengan dukungan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menjadi kunci dalam menghadapi berbagai permasalahan publik .


“Pelayanan publik diantaranya bisa meliputi pelayanan kebutuhan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, keamanan, sosial dan pembangunan nasional.. Namun, proses pelayanan publik di Kabupaten Minahasa sering kali menghadapi berbagai kendala yang dirasakan oleh masyarakat,”yang harus kita solusikan bersama.. jelas Kainde.


Oleh karena itu, masyarakat berhak mendapatkan pelayanan publik seutuhnya.


Secara keseluruhan, kata dia, proyek perubahan ini merupakan bagian dari upaya yang lebih relevan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat, dan memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik.


“Hal ini sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Minahasa yaitu Minahasa Maju Dalam Ekonomi Dan Budaya, Berdaulat, Adil, Dan Sejahtera,” terang Kainde.


Disamping itu, selaras dengan Misi yakni Meningkatkan Pembangunan Sumberdaya Manusia Yang Berbudaya dan Berdaya Saing, Mewujudkan Kemandirian Ekonomi .


Kemudian, Mewujudkan Pengembangan Kewilayahan Dengan Prinsip Pembangunan Berkelanjutan, Meningkatkan Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Yang Berkeadilan; dan Memantapkan Manajemen Birokrasi Yang Profesional Melalui Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik.


“Nah, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa menitik beratkan pada pencapaian misi yang kelima yaitu Memantapkan Manajemen Birokrasi Yang Profesional Melalui Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik,” papar Kainde.


Oleh karena itu, dirinya berharap agar materi ini dapat menginspirasi dan membawa manfaat dalam rangka penerapan ‘Si Matuari’ dalam pemerintahan untuk pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan kita smakin melakukan lompatan lompatan yanh lebih baik.lagi tuk memaximalkan tugas kita dalam jangkauan bidang apapun..


“Tentu sinergitas antar OPD dapat terjalin sehingga dalam melaksanakan Sinkronisasi Data dan Informasi Elektronik di Tahun 2024 dapat berjalan dengan baik,” pungkas Kadis Kominfo Maya Kainde.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diikuti Puluhan Peserta, Kadis Kominfo Maya Kainde Paparkan Konsep "Si Matuari"

Terkini