terkini

Siwij: Pilrek Unima Siap Digelar Agustus Mendatang

Rabu, 24 Juli 2024, Juli 24, 2024 WIB Last Updated 2024-07-24T12:30:32Z


RadiusNews- Pemilihan Rektor Universitas Negeri Manado (Unima)  semakin ketat, dan tinggal tiga calon yang bersaing memperebutkan posisi orang sebagai  pemimpin di kampus biru tersebut.


Adapun tiga orang yang dimaksud yakni Dr Joseph Kambey SE MBA Ak, Prof Dr Orbanus Naharia MSi, dan Dr Patricia Mardiana Silangen SPd MSi.


Sekretaris Panitia Pilrek, Dr Devie Siwij AP MAP, mengatakan sesuai jadwal, pemilihan rektor akan berlangsung tanggal 20 Agustus 2024.


"Jika tidak ada perubahan, tanggal 20 Agustus sudah ada rektor Unima terpilih, dan rencananya 8 September sudah dilantik," kata Siwij kepada wartawan, Rabu (24/7/24).


Ia menjelaskan, dalam pemilihan rektor tersebut, ada 49 anggota senat yang berhak menyalurkan hak pilihnya. 


"Jadi, selain ada 49 suara senat, ada juga 35 persen suara menteri atau 26 suara dari jumlah suara senat. Dan jika di total semuanya menjadi 75 suara dan dijelaskan pula, mekanisme pemilihan rektor nanti, akan dilakukan secara manual. 


"Jadi, dalam kertas suara sudah ada foto masing-masing calon. Tinggal pemilih yang menentukan siapa yang akan di centang," jelasnya. 


Siwij menambahkan, saat ini berkas  ketiga calon sudah dikirim ke kementerian. Dan tinggal menunggu jadwal fit and proper test, atau uji kelayakan dan kepatutan.


"Kami berharap, proses pemilihan rektor ini bisa berjalan dengan baik. Dan siapa pun yang terpilih nanti, diharapkan bisa membawa Unima kedepan yang lebih baik lagi," katanya 


Diketahui, tiga calon rektor ini memiliki posisi yang strategis di Unima. Dimana, saat ini, Dr Joseph Kambey SE MBA Ak menjabat Dekan FEB Unima. 


Kemudian, Prof Dr Orbanus Naharia MSi, menjabat Wakil Rektor Bidang Akademik Unima. Selanjutnya, Dr Patricia Mardiana Silangen SPd MSi, menjabat sebagai Kepala LP3M Unima. 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Siwij: Pilrek Unima Siap Digelar Agustus Mendatang

Terkini