terkini

Lapas Kelas IIB Tondano Gelar Upacara Bendera dan Syukuran Hari Pengayoman ke-79

Senin, 19 Agustus 2024, Agustus 19, 2024 WIB Last Updated 2024-08-19T10:37:14Z

Minahasa – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tondano menggelar upacara dan syukuran dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79. Upacara yang bertema "Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045" ini dilaksanakan di lapangan upacara depan kantor Lapas Tondano pada Senin (19/8).


Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIB Tondano, Yulius Paath, selaku inspektur upacara yang membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM RI (Menkumham RI) Yasonna H. Laoly. Dalam sambutannya, Menkumham RI menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas perjalanan panjang Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang kini telah mencapai usia 79 tahun. Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh insan pengayoman yang telah berdedikasi dalam melaksanakan tugas mereka.


"Pengabdian adalah esensi dari setiap pekerjaan yang kita lakukan, dan ini bukan sekadar slogan, tetapi komitmen yang harus kita implementasikan dalam setiap tindakan," ujar Yulius Paath, mengutip amanat Menteri Hukum dan HAM. Yasonna menekankan bahwa tema "Kemenkumham Mengabdi untuk Negeri, Menuju Indonesia Emas 2045" harus menjadi pegangan dalam setiap langkah yang diambil oleh jajaran Kemenkumham.


Upacara ini juga menandai perayaan Hari Pengayoman yang untuk pertama kalinya menggantikan peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) yang biasa dirayakan sebelumnya. Momen ini disebut sebagai awal dari era baru di mana semangat pengayoman menjadi pusat dedikasi Kemenkumham dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat.


Menteri Hukum dan HAM dalam amanatnya juga mengingatkan pentingnya komitmen Kemenkumham dalam menciptakan kepastian hukum, perlindungan hak asasi manusia, serta regulasi yang berpihak pada masyarakat. Ia menegaskan bahwa Kemenkumham berperan sebagai pilar penting dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, sebuah cita-cita untuk menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera.


"Indonesia Emas 2045 bukan hanya sekadar angan, tetapi sebuah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama. Kemenkumham berperan sebagai pilar penting dalam menciptakan masyarakat yang adil, sejahtera, dan berkeadilan," tegas Yasonna dalam amanatnya.


Menkumham juga menekankan pentingnya kolaborasi, inovasi, dan adaptasi terhadap perkembangan zaman, termasuk pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung penegakan hukum dan pelayanan publik yang lebih baik. Ia mengajak seluruh jajaran Lapas Tondano untuk terus berupaya memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat.


Pada pelaksanaan Upacara juga diwarnai pemberian tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada para pegawai Lapas Tondano yang telah menunjukan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan serta prestasi kerja dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.


Upacara ini dihadiri oleh para pejabat struktural, ibu-ibu DWP, pegawai dan perwakilan Warga Binaan Lapas Tondano. Yulius Paath menutup upacara dengan mengajak seluruh jajarannya untuk mempedomani amanat Menteri Hukum dan HAM dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, dengan semangat pengabdian yang tinggi untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.


Setelah upacara bendera selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Kalapas Yulius Paath yang didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lapas Tondano Ny. Velny Paath-Panungkelan. Pemotongan tumpeng ini merupakan simbol rasa syukur atas kelancaran serangkaian kegiatan yang berlangsung dalam rangka peringatan Hari Pengayoman.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lapas Kelas IIB Tondano Gelar Upacara Bendera dan Syukuran Hari Pengayoman ke-79

Terkini